Thursday, October 3, 2013

I am a child

I am a child
A naive and paranoid child
I am a child
That kind of foolish
I am a child
I am afraid of people, they can hurt me
I want to challenge the world , but they scare me
I learn , like a victim
I learn, but I’m not being more than just nerdy
I call my mom’s name often
Because only in her bosom I feel safe
I am a child
A scaredy one
Which thinks that her mom’s back is the safest place
I have no good sides , I guess there is none to be proud of
I am only good when my mom is around
I am that bad
A soon to be adolescent who still wants to act like her mommy’s puppy

Saturday, September 28, 2013

ya sudahlah

tersenyum kecut
menyandarkan kepala di meja
beberapa detik
mengangkat kepala
menghembuskan nafas panjang
" ya sudahlah , terima aja "
mulai bekerja lagi

- setiap saat tugas muncul tiba - tiba, merusak agenda -

Benar

kadang semakin kita merasa benar, semakin kita menjadi salah.
mungkin karena mata kita sudah tertutup oleh perasaan benar itu
padahal perasaan bahwa kita benar belum tentu membenarkan kita
tapi walaupun begitu, merasa benar juga tidak selamanya salah
selama kebenaran yang kita rasakan juga sudah bersifat objektif.
namun, kebenaran juga harus disampaikan dengan benar
agar kebenaran tidak ditangkap secara salah
dalam hal ini tentu saja pemahaman secara subjektif juga dibutuhkan
toh dalam sistem sosial tidak ada yang menentukan yang benar benar benar dan yang benar benar salah
pada akhirnya kita memang harus terus belajar untuk mencari kebenaran
karena bukan kita pemilik kebenaran
karena hanya Allah yang benar benar benar
semoga ketika saya menulis ini saya tidak sedang merasa saya benar
karena saya pun juga orang yang masih berusaha untuk tidak merasa benar
semoga Allah mengizinkan hamba untuk terus menghamba meminta ditunjukkan mana yang benar
tanpa merasa paling benar
agar hamba tidak dibutakan oleh perasaan benar yang dapat membuat hamba tidak dapat melihat mana yang benar benar benar

Saturday, September 21, 2013

AMBI

Ambi ? ya Ambi adalah singkatan dari kata ambisius .
Ambisius ? ya sebutan bagi orang yang ber ambisi
Ambisi ? kata KBBI ambisi itu keinginan (hasrat, nafsu) yg besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (spt pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu: ia mempunyai -- untuk menjadi duta besar; pengabdiannya penuh dedikasi, tanpa -- pribadi;
Ambi ? kalo di UI mungkin sebutan bagi mahasiswa yang sangat ingin mendapat nilai A
Ambi , beberapa orang menempelkan stigma negatif pada kata sifat ini . padahal jika kita telaah lagi, menjadi ambi hanyalah menjadi orang yang sangat berkeinginan untuk menjadi atau memperoleh sesuatu.
Sering saya dengar kata kata seperti ini
“ ih lo ambi banget sih ? “
“iya dia itu gitu ambi banget, jangan sama dia lah”
“jadi mahasiswa tu gak usah ambi ambi , santai aja “
“eh lo jangan ambi banget dong”
Dari kata – kata itu, saya gagal mengerti kenapa menjadi ambi adalah sesuatu yang salah di mata mereka . saya menulis ini, bukan untuk memberi justifikasi pada diri saya sendiri. Tapi mungkin karena saya orang ambi, saya terkesan pro pada mereka ambi. Karena saya, orang ambi, juga memiliki alasan kenapa saya seperti ini.
Saya ambi . mungkin saya disebut begini karena saya belajar terlalu keras. Jika itu alasan kenapa saya disebut ambi saya memiliki beberapa alasan untuk hal ini
1.      Saya kuliah di tempat yang jauh dari rumah saya , untuk kuliah disini , ibu saya harus sendiri dari pulang kerja hingga berangkat kerja lagi di pagi hari. Untuk ibu saya yang kesepian karena merelakan anak – anaknya belajar di tempat terbaik untuk menjadi manusia bermanfaat nantinya , bisakah saya mengecewakan pengorbanannya hanya dengan bermalas – malasan ? tidak, saya harus belajar .
2.      Setiap saya berhasil mendapatkan suatu prestasi, saya melihat senyum bahagia dari mereka yang sangat saya cintai. Untuk bisa melihat mereka yang saya cintai selalu tersenyum, bila saya bisa membahagiakan mereka seperti ini, saya akan belajar lebih keras lagi
3.      Mereka yang percaya pada saya , mendoakan kesuksesan saya , bekerja untuk membuat saya bahagia , saya tidak akan mengecewakan mereka. Saya tidak akan menyakiti harapannya . untuk itu, saya belajar lagi
4.      Saya adalah seorang mahasiswa yang hidup dengan beasiswa. Beasiswa yang diberikan pada saya dari diterima hingga lulus nanti hampir berjumlah 100 juta rupiah. Jumlah yang besar bagi saya. Dan jumlah ini bisa digunakan untuk membeli 10.000 kg beras, atau membeli 6666, 667 liter air mineral yang tentu saja sangat berguna bagi masyarakat miskin di Indonesia. Tapi uang ini diberikan untuk pendidikan saya. Jika saya tidak belajar, bukankan masyarakat miskin kehilangan haknya atas 10.000 kg beras dan 6666, 67 liter air mineral ? saya harus belajar
5.      Alasan saya yang paling utama , karena Allah memerintahkan untuk hambaNya untuk menjadi khalifah yang mampu mengatasi permasalahan di bumiNya . untuk menjadi khalifah yang seperti itu, atau setidaknya agar bisa menjadi khalifah bagi saya sendiri, saya membutuhkan ilmu. Sekali lagi saya harus belajar.
6.      Lebih dari rentetan nilai A dalam akun akademis saya, walaupun tidak dipungkiri saya menyukainya, tapi ada hal lain yang saya tuju . simple, saya ingin menjadi orang yang berguna. Saya tidak sepintar dan sehebat mereka yang mampu berkarya tanpa harus belajar dengan keras. Bila saya harus rajin dan belajar agar dapat memberi manfaat di kemudian hari, maka saya bersedia mengambil jalan ini. Semoga ilmu yang saya tuntut dapat bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan saya nanti.
Saya cukup tau bahwa belajar tidak hanya terbatas pada membaca buku, membuat ringkasan untuk ujian, namun lebih dari sekedar itu. Karena itu saya belajar lebih keras lagi, berusaha berpikir mengenai yang ada dan mencari makna dari apapun yang ada di sekitar saya.
Belajar memang tidak senaif duduk di atas kursi dan membaca buku. Namun duduk di atas kursi dan membaca buku juga merupakan belajar. Saya memiliki alasan untuk menjadi ambi, kenapa saya belajar dan bekerja sekeras ini.
Walau saya ambi, saya pun sebenarnya juga sering kalah oleh rasa malas yang menguasai diri. namun saat kemalasan itu datang menghampiri, saya mengingat kembali, kenapa saya menjadi ambi .

Sebut saja saya ambi , saya tidak akan rendah diri.

Untuk mereka yang mencintai saya, mendoakan keberhasilan saya, menaruh harapan pada saya, saya tidak ingin mengecewakan mereka 

Sunday, September 15, 2013

perihal itu

kita tau
kita sama sama tau
namun kita saling bersikap lugu
sedang saling menunggu
untuk salah satu memulai lebih dulu
entah nanti ketika sudah dimulai
apakah akan menjadi akhir atau menjadi awal yang baru
yang jelas mungkin bukan seperti yang kamu mau
karena yang aku mau dan yang kamu mau
bukan hal yang satu
dan memaksakan salah satu
bukan sesuatu yang kita tuju
kita lihat nanti
bagaimana perihal ini akan diakhiri
atau mungkin dimulai
di lain dimensi

Saturday, September 14, 2013

I won't let me fall

because you are the person who is easily gone
because you are the person who has the likeliness to hurt me
because you are the person that I can't trust
so no matter what you do
I may care for you
I may pay attention to you
but I won't let me fall
I won't let anyone hurt me
the things that I won't do
I will never do that .

Monday, August 19, 2013

Who is Like a Mirage

Mirage
n1.  An Optical Illusion caused by atmospheric condition, especially the appearance of a sheet of water in a desert or on a hot road  caused by the refraction of light from the sky by heated air
n2.  An unrealistic hope or wish that can not be achieved
---
Sometime for some traveler
In their longway journey
The showing-up of a mirage
Will give them courage to walk a little more
To try once again to let go of the thirst
Even if it is false, it is still a hope
At least it makes them walk a little longer
It has them passed a little further
At least it lights up the possibility of the presence of water
Even they know that is impossible
But the possibility itself will make them a bit happier for a bit
When they know that something that they really want really can’t happen

Thankyou
For being a mirage

To me