Monday, February 18, 2013

Thursday, February 14, 2013

"status yang menyenangkan itu harus dapat kalian pertanggungjawabkan"
- mbak evi -

Wednesday, February 13, 2013

PERCAKAPAN DALAM JEBAKAN HUJAN


(Rabu 13 Februari 2013, setelah EPT di pagi hari, kuliah di siang sampe sore, dan hujan deras yang membuat kami harus duduk menunggu selama kurang lebih 2 jam di depan gedung E)
R : Tadi essaynya nulis tentang apa ?
I : I nulis masalah cheating
J : iya gue juga dan topik essaynya emang gue banget. Gue masi inget banget sama pengalaman gue 6 tahun di SPH. Padahal international school tapi siswanya nyontek semua. Gue bahkan sempat marah sama mereka soalnya pas gue sebel mereka nyontek pas ujian, mereka malah nyalahin gue kenapa gue nggak ikutan nyontek! Sebel banget, sekolah buat apa kalo cuman contekan pas ujian!
R: Iya aku dulu waktu SMA juga gitu, awalnya si aku suka nyontek juga terus lama – lama aku mutusin buat nggak nyontek lagi. Tapi meskipun aku udah nggak nyontek aku masih harus ngasi contekan ke tementemenku soalnya kalo nggak ntar nggak enak. Tapi akhirnya pas aku udah ga tahan aku bilang ke mereka kalo aku nggak bisa nyontekin lagi soalnya aku ngrasa kok mereka terlalu gantungin diri sama aku dan kayanya tega banget gitu, aku belajar sampe pagi tapi mereka cuman nyontek aku dan ga belajar sama sekali
I : iya, kalo di Indonesia tuh wajar soalnya sistem pendidikan disini itutu kaya cuman ngedepanin gimana biar dapet skor yang bagus. Padahal kalo dipikir – pikir skor itu tu cuman selembar kerta s yang bakal ilang dan ga akan dipake terus ke depannya. Tapi yang penting kan ilmu sama skillnya buat masa depan kita.
J : di Korea juga gitu kok, kita emang juga ngedepanin skor doang soalnya buat dapet universitas yang paling bagus tuh musti bagus nilainya. Tapi disana tu ga ada yang nyontek, kalopun ada biasanya satu sekolah itu cuman ada di satu kelas dan satu anak dan kalo sampe ketahuan hukumannya ga kira kira. Kalo ada temennya yang tahu pasti abis tuh anak.
R : lhoh emang gitu temennya ngelaporin temennya yang nyontek ?
J : Iyalah! Yakali! Yang lain belajar susah – susah dia malah curang, kalo gue tau gue abisin tuh anak
R : Kalo disini walopun tau ada kecurangan gitu, kita juga nggak bisa ngapa – ngapain. Kita lapor toh nggak ada tindak lanjut. Ntar kalo kita lapor malah cari masalah dan ngrusak hubungan pertemanan. Sulit sih nyelesain masalah nyontek disini, soalnya udah tersistem gitu.
J : yang jelas tuh soalnya ga ada hukuman yang bisa bikin jera buat orang yang curang pas ujian. Pengawasnya juga ngedukung kecurangan itu. Soalnya ga mungkin lah mereka ga liat orang temen – temen gue dulu curangnya ketauan banget, kalo sampe mereka gatau mereka buta kali ya
( Percakapan di atas terjadi antara 2 mahasiswa berwarga negara Indonesia dan 1 orang mahasiswa warga negara Korea Selatan yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia. Percakapan di reduksi menjadi sedemikian rupa, namun percakapan yang dituliskan tidak mengurangi atau melebihkan inti percakapan yang terjadi sebenarnya. Pilihan kata juga kurang lebih sama tapi karena keterbatasan ingatan penulis ada beberapa kata yang berubah dan ada juga beberapa kata yang diedit agar lebih halus .)
Well talking about CHEATING ? I have always some concerns about this topic . WHY ? because I have felt it for myself how it feels to be cheated on a test that you worked hard on it. I admit, it hurts. Just imagine  while you have to study all the subject until 3 am, exhausting yourself to get the best result. Your friend who is having their sleeping beauty cheats on you by looking at your answer sheets and copy all the answers to theirs answer sheets. If you really can imagine that, please, tell me how do you feel. You can let it go ? you can smile ? you are not dissappointed ? DON’T JOKE ME! WHAT ? YOU DO THAT FOR THE SAKE OF FRIENDSHIP ? PLEASE STOP THAT BULLSHIT. ARE REAL FRIENDS THOSE WHO CHEAT ON YOU ?
WHAT ? REASON? BECAUSE TOO MUCH BURDEN ? BECAUSE TOO MUCH DEMAND FROM YOUR PARENTS? DON’T YOU THINK THAT YOUR FRIEND WHO IS BEING CHEATED GOT THEM TOO? LOGIC PLEASE! THAT’S AN OBVIOUS EXCUSE WHICH IS NOT EXCUSABLE AND REASONABLE !
I’m now writing this not because I have grudge or anger in those people who have done that to me. Well actually I did have the anger, but that was all in the past and I don’t bother about it anymore. The reason why I’m writing this now is I don’t want other students to feel the same way as I felt that time, when I was being cheated. I can tell you for sure that it was a hard time for me to keep my idealist side to keep my honesty and my spirit of hardwork against my realistic side that cheating is a known secret, habit, and unpermittable permitted things. And also I have the concern for those who are being the cheater. I strongly recommend all of you to stop that habit from now on. I can tell you for sure CHEATING GOT YOU NOTHING! What ? accepted in prestigious university by cheating ? do you think that is a PROUDABLE AND HONORABLE ? YOU EXACTLY KNOW THE ANSWER.
I often hear a saying if you don’t help them to cheat they will call you selfish. Well I know that because I have heard that too. But let’s put some more thought on that. WHO IS THE ONE BEING SELFISH ? THE ONE WHO SPENDS THEIR TIME TO STUDY TO GET THE BEST RESULT OR THOSE WHO RELY ON THEIR FRIEND WHO HAS STUDIED ALL NIGHT ?IS IT WRONG THAT YOU ARE PUTTING AN EFFORT TO GIVE YOUR BEST?
AND WHAT? THEY SAY PEOPLE HAVE DIFFERENT CAPABILITY? DO YOU HAVE TO EVEN SAY THAT? EVERYBODY KNOWS THAT TOO! IF YOU DON’T THINK THAT YOU DON’T HAVE ENAUGH CAPABILITY TO GET A GOOD GRADE IN A SUBJECT YOU MUST STUDY HARDER OR NOT YOU CAN JUST IGNORE IT AND FOCUS ON YOUR STRENGTH! PEOPLE GOT THEIR OWN CAPABILITIES YOU KNOW. THAT WAY YOU CAN STILL GROW TALL WITHOUT STEPPING ON OTHERS.
Well I’m not writing this using capital letter because I attack or offense anybody. I just want all the students or scholars or those who care for education know about this fact, realize that the little white lie leads them to a black hole. STOP YOUR HABIT OF CHEATING, CHEATING GOT YOU NOTHING. LET’S BE THE HONEST AND SKILLFUL GENERATION FOR OUR BELOVED COUNTRY !
-well if perhaps, if you still try to justificate your cheating habit, please, at least consider the feeling of those who don’t cheat, they are your loving friend, you said-

PERCAKAPAN DI JALAN CINTA


(Sabtu 1 Desember 2012, perjalanan pulang setelah FINAL DAY PRA TKHI 1, di jalan cinta)
Il : Eh liat deh anak – anak yang pacaran disitu. aneh banget sih..
R : Iya.. ganggu pemandangan banget
Il : Kalo pacaran tuh di mall sana nonton, jalan – jalan makan.. ato kemana gitu kek yang pemandangannya bagus jadi jelas ada yang diliatin. Nah ngapain coba mereka pacaran disini? Mau ngliat jalan ato liat hutan. Mana masih muda – muda semua gitu
R: Ya maklumlah.. paling mereka milih pacaran disini soalnya jalanan sini sepi, biasanya kan yang pacaran kaya gitu pada ga bener semua. Ya lo tau lah kira – kira mereka niatnya disini juga mau ngapain
Il: Mereka yang pacaran disini tuh pasti gara – gara gapunya duit. Sedih banget sih. Kalo ga punya duit tuh yaudah gausah pacaran dulu. Belajar dulu yang rajin, terus kerja nyari duit biar bisa ajakin pacarnya ke tempat yang rada bagusan dan gak di jalan tengah hutan gini. Kalo caranya gini gimana Indonesia bisa maju ? masa pemudanya cuman mau pacaran, cinta – cintaan, tapi ga mau belajar, ga mau cari duit, ga mau berjuang buat masa depan. Pemuda tuh seharusnya produktif kalo bisa pacarannya sekalian setelah nikah  jadi sah dan nggak dosa.
*lalu tiba tiba si Il ngomong dengan suara yg lebih keras, “ ciee yang ngrasa paling romantis, paling kece, paling berani, paling cinta dengan deket – deketan di jalanan yang sepi.. ciee yang bahagia – bahagiaan kaya di FTV.. awas aja setan jadi pihak ketiga*
Il : cinta itu butuh biaya juga, makanya kerja.. belum bisa kerja ya belajar dulu.. pemuda itu harus tanggung jawab sama masa depan mereka, nggak cuman itu, masa depan bangsa juga..
R : sebenernya kasian juga si sama mereka, mereka kan nggak seberuntung kita bisa dapet pendidikan, pengasuhan, sama perhatian sebaik kita. Sehingga mereka nggak ngerti kalo apa yang mereka lakuin tuh nggak tepat
(kirakira itu inti percakapan antara penulis dengan Il pada saat berjalan melalui jalan cinta. Tentu saja tulisan ini banyak editannya, bukan karena apa-apa tapi karena terlalu lama belum ditulis sehingga lupa. Tapi tetep aja, tulisan ini nggak mengurangi ato ngelebihin inti dan nilai – nilai yang ada dalam percakapan tersebut)
NB :
1.       Jalan cinta adalah jalan yang menghubungkan asrama universitas dan komplek kos mahasiswa yang sudah diaspal namun sering ditutup untuk kendaraan umum. Di sepanjang pinggir kiri jalan cinta terdapat hutan universitas yang lebat. Jalanan ini sepi sehingga sering digunakan untuk kepentingan umum seperti jogging track, pengadaan event seperti outbond, dan pengalihan jalur transportasi agar tidak macet. Namun saat tidak digunakan untuk kepentingan tersebut, jalan cinta sering dimanfaatkan pihak yang tdk bertanggung jawab untuk melakukan tindakan yang kurang bertanggung jawab.
2.       Kondisi jalan cinta saat itu penuh dengan muda – mudi yang bermesraan dan melakukan hal yang nggak begitu pantas di muka umum di jalan cinta
3.       Ini postingan no offense. Okay ? cuman berbagi opini.

Saturday, February 2, 2013

just another thing on my mind


Well I’m going to tell something.. while I have the mind to write what I’ve been thinking..
Firstly I’m going to say that whether this is a reason or an excuse and I don’t know if I’m being subjective or objective when I’m writing this and whether this writing is gonna be inspiring or just another fool out of me, this is just this. One of my writing, one thing that cross my mind.
This is about my experience to study far from my home.
You know when you get into college, you’re gonna have a long holiday right ? and of course before that long holiday you have to trough a long time by yourself to seek that the so called science or knowledge or experience even. Me, when I’m going to go to my beloved town, Kediri, after spending the whole 4 months at Depok, I find it hard to leave Depok or my circumstances out there. That is the feeling that I have never expected because I will always think that just like another, I will love coming home. And just like that when I’m already home and it’s time to go back to Depok again I’m really heavy to leave my home, that’s normal right.
And because of that I wonder why I experienced these things. Why did I find it hard to come home and why did I find it hard to come back to Depok ? why am I being inconsistence and such. And the answer that I have is.. because it feels like you have 2 life, you have different life. When I was going to go back to Kediri I found it hard to leave Depok because I had to leave all my habit at there .. my way of doing everyday .. and same things happen now. When I’m gonna go back to Depok.
Sometime I think like what good it would be if just my parents / my family also move there.. then I’ll be able to love and be loved by them also feel the warmth that I feel everyday at home, well it doesn’t mean that when I’m afar from my home they don’t love me or what but you know it feels different when you get the chance to love and show them directy instead of just saying or communicating through all the information technology things, well those things help but still it can never have the same feeling. But I know that having only your family there, there are things left out. That is your friend, your pals, your enemy, those things include too. Because they are also part of your life, even if they are not as important as your family, but they got their room in your heart you see. You are gonna miss them too. And if you are as alay as me, perhaps, you’re gonna cry missing them.
At first, when I read the tweets of my sophomores at UI which also come from Kediri when they’re gonna go back to Depok, they whine and such. And I thought what is that and judged it as irresponsible coward and such. But now as I feel it for myself I see that I’m not as strong and great as I think I’d be. I’m just that weak and fool person who like to whine and is hard to express my gratitude when I’m given so much by Allah..
But still, I’ll try my best to put up with everything.  I’ll keep on trying. I’ll just strengthen myself. As always, because of Allah and the love of those people who love me.. I am everything I am because you (all) love me.
-rahma-